Tuesday 17 November 2015

T is for Thunderstorm (Jawaban)

Saya terjun di KasKus, seringnya di sub forum CYSTG (Can You Solve This Game) kurang lebih 5 tahun. Itu forum yang banyak berisikan teka-teki, puzzle, kode atau cipher, bahkan cerita detektif segala. Saking betahnya di sana, sampai-sampai moderator setempat memberi saya tag Enthusiast. Rasa keingintahuan intelektual bagi saya memang seperti meminum air laut. Dahaga yang tak pernah usai dan terpuaskan. Semakin banyak tahu, semakin saya merasa bahwa selama ini hanya sedikit yang saya ketahui.
T is for Thunderstorm adalah soal cipher yang saya buat bulan Juli 2015 lalu dan hingga Nopember ini belum terpecahkan, belum solved kalau kata anak CYSTG. Bukan karena tingkat kesulitannya yang tinggi, barangkali karena akhir-akhir ini minat terhadap kode atau cipher sepertinya menurun. Apapun itu, di sini saya ingin membahasnya.
Welcome to the new age
Our alphabet have changed too
So reorder it
The key is me

rumajnyg
Dalam kriptografi terdapat istilah plain text, key, dan cipher text. Soal di atas, cipher text-nya adalah "rumajnyg". Untuk mengubahnya menjadi plain text, kata aslinya, dibutuhkan key atau kata kunci dan jenis cipher yang digunakan. Proses itu dinamakan decrypt.
"Welcome to the new age, our alphabet have changed too" maksudnya adalah susunan abjad yang dikenal dulu dan sekarang telah beda. Bukan beda secara harfiah, melainkan susunan huruf yang sering kita temui. Saat berhadapan dengan komputer dan mengetik pesan di gadget, bukankah urutan alfabet-nya berbeda dengan ABCD yang kita kenal? Memang susunan huruf di keyboard QWERTY diciptakan sedemikian rupa untuk memudahkan kita menggunakannya. Inilah yang dimaksud dengan "alphabet have changed".
Dari ratusan jenis cipher, vigenere adalah salah satu yang sering digunakan. Proses decrypt-encrypt pada cipher vigenere membutuhkan sebuah tabula recta.

Tabula recta


Berdasarkan petunjuk sebelumnya, maka tabula recta konvesional itu kita ubah menjadi apa yang saya sebut sebagai Qwerty tabula recta.

Qwerty Tabula Recta


"The key is me". Aku adalah kuncinya. Karena menggunakan cipher vigenere, maka yang dimaksud aku adalah "vigenere" tersebut. Setelah mengetahui jenis cipher dan kuncinya, langkah selanjutnya adalah me-decrypt cipher text.

Caranya sederhana sekali. Kita pasangkan masing-masing sebuah huruf pada key dengan cipher text tersebut. Pertama, V dengan R. Pada baris V, cari dalam kotak huruf R. Setelah mendapatkannya, tarik pada kolom utama dan kita akan menemukan huruf I. Ulangi proses tersebut hingga huruf terakhir.

Cipher text : rumajnyg
Key : vigenere
Plain text : imsolved


I'm solved!

0 comments:

Post a Comment